Diberdayakan oleh Blogger.

Yang Tidak Boleh Dilakukan Terhadap Pelanggan


Pembeli adalah raja. Karena seorang raja maka ia harus dilayani dengan maksimal. Karena sangat pentingnya seorang pelanggan kita harus memberikan pelayanan yang terbaik buat pelanggan. Dengan memberikan best service pelanggan akan bisa menjadi pembeli tetap kita bahkan pelanggan bisa menjadi salah satu sales kita secara tidak langsung sehingga bisa meningkatkan penjualan kita. Dalam melayani pelanggan kita memerlukan ilmunya, berikut kutipan beberapa tips yang tidak boleh kita lakukan terhadap pelanggan. Monggo disimak:
Hal-hal yang tidak boleh kita lakukan:

• Hindari perdebatan dengan pelanggan
Hal yang paling tabu dalam pemasaran produk atau jasa yaitu berdebat dengan para konsumen. Sebab peristiwa tersebut hanya akan membuat pelanggan merasa tidak dihargai, dan menjadi catatan hitam bagi bisnis Anda yang sewaktu-waktu bisa menyebar ke banyak orang.

• Membuat pelanggan harus menunggu
Menunggu tentu bukan pekerjaan yang menyenangkan, begitu juga dengan para pelanggan yang harus menunggu lama untuk mendapatkan produk atau jasa yang mereka inginkan. Pada umumnya pelanggan tidak senang bila harus menunggu lama, karena itu usahakan untuk sesegera mungkin memberikan pelayanan kepada setiap pelanggan Anda.

• Melayani pelanggan seperti mesin
Sebagian pelaku usaha maupun pemasar sering menggunakan bantuan alat otomatis seperti mesin balasan email otomatis atau mesin penjawab telepon otomatis untuk melayani konsumen mereka. Kondisi ini pastinya sangat dibenci para pelanggan, karena mereka bukan robot yang bisa berkomunikasi langsung dengan mesin. Dan membutuhkan solusi langsung dari Anda sebagai penanggung jawab usaha.

• Menyamaratakan setiap pelanggan
Setiap pelanggan tentunya memiliki karakter serta kepentingan yang berbeda-beda, karena itu jangan pernah mencoba untuk menyamaratakan pelayanan yang Anda berikan kepada setiap pelanggan. Sebab masing-masing pelanggan membutuhkan solusi yang berlainan, sesuai dengan permasalahan yang mereka hadapi.

• Mengesampingkan kepentingan pelanggan
Ingatlah, bahwa bukan pelanggan yang butuh Anda, tapi Andalah yang butuh mereka. Jadi jangan pernah mengesampingkan kepentingan setiap konsumen Anda, karena sebenarnya mereka menjadi kunci utama bagi kelangsungan bisnis Anda.

Demikian tips pemasaran kali ini, mengingat pelanggan memegang peranan penting dalam kesuksesan bisnis Anda, sebaiknya berikan pelayanan yang terbaik bagi mereka. Karena sebenarnya memberikan pelayanan prima tidaklah sesulit yang Anda kira. Merubah kebiasaan dari seorang raja menjadi seorang pelayan memang agak sulit, akan tetapi bila kita lakukan setiap hari maka akan terbiasa dengan sendirinya. Jangan sampai citra usaha/toko kita menjadi buruk karena hanya karena keegoisan kita dalam melayani pelanggan, karena nanti yang akan rugi kita-kita juga.
Semoga keberhasilan beserta anda dalam pemasaran usaha sandal lucu ini. Ingin melihat produk silakan klik disini.
Tag : Pemasaran
0 Komentar untuk "Yang Tidak Boleh Dilakukan Terhadap Pelanggan"

Back To Top